Jumat, 30 Desember 2011

kuliner mudik yg asik


Akhir desember 4 tahun yang lalu,
aku mnikmati sdikit wisata kuliner bersama istri mudaku yg baru (maksudnya istriku masih muda, dan kami baru bbrapa hari menikah ;) )
krn saat itu masih pagi, jd kami mulai dgn makanan yg ringan dulu,
dan pilihannya jatuh ke menu model/tekwan yg dijual di sebuah pasar kecil di daerah palembang.

model/tekwan adalah nama sejenis makanan khas kota kami (Palembang),
betuknya sperti bakso yg terbuat dari ikan,
namun kuahnya bukan pakai kaldu daging seperti halnya bakso, tp biasanya dia pakai kaldu udang.
singkat cerita, jadilah kami memesan menu makanan itu masing2 semangkok
Dan sudah adatnya orang Palembang, ketika makan model/tekwan itu, maunya kuahnya itu dibikin kental, dgn ditambah kecap, cuka dan sambalnya sebanyak yg dimungkinkan,
jadilah kuahnya itu manis, asam, dan puedas ruarr biasa.
pokokny kalo nih bibir blm berasa jd jontor, rasanya koq kek tekor.
setelah puas makan, tibalah waktunya untuk membayar
Krn kebiasaan saya di kota Jakarta, yg segalanya musti dibayar dgn harga yg tidak cukup murah,
saya siapkanlah uangnya yg saya estimasi harganya skitar 5-10rb.
Ketika saya tanya berapa harganya, jujur saya cukup kaget, krn ternyata si abang menjawab harganya Rp 3.000 doank,
(mungkin krn kbiasaan di Jakarta khususnya skitar tempat saya bekerja, uang 3.000 itu blm cukup untuk ngajak perut berkompromi)
lalu saya siapkanlah uang Rp 6.000, untuk membayar 2 mangkok model/tekwan yg sudah dinikmati td.
namun skali lg terpaksa saya harus terkaget,
krn ternyata, yg si abang maksud dgn harga Rp 3.000 itu, adalah harga total untuk 2 mangkok
bukannya hrga masing2,
jd ksimpulannya, per mangkoknya itu hanya senilai Rp 1.500
buset dah,
Rp 1.500 sudah bs bikin perut kenyang, hati senang, dan pikiran pun melayang (kalo yg ini sdikit lebay ;) )
Sketika itu langsung teringat nasib di Jakarta, kalo uang sgitu paling cm cukup buat bayar parkir atau toilet umum.
ah, andaikan aku tinggal di sini,
mungkin cepat kaya kali ya..?

1 komentar: