Sabtu, 24 September 2011

cara mengurus perpanjangan STNK dan ganti plat motor


Fiuhh..
baru jg dibuat, ternyata dah 3 bulan nih blog dibikin nganggur.
(sian deh gw..) he..he..
Oke deh, kita mulai lg. ^_~
Kali ini, gw mo sharing tentang cara mengurus perpanjangan STNK (dan ganti plat).
wah, ternyata ngurus sendiri itu gampang lho.
jd kalo om/tante msh punya sdikit waktu luang (ceritanya org2 sibuk banget nih), rugi kalo minta urusin sama calo.

Hari ini (sabtu, 12 Nov 2011),
gw ke SAMSAT Barat yg berada di Jl. Daan Mogot (kalo dari arah grogol, brarti sebelah kanan jalan sebelum perempatan Cengkareng).
krn ini baru pertama kali ngurus ganti plat motor, wajar donk kalo gw msh rada2 bingung.
tp krn krn gw dianugrahi sepasang bibir yg indah untuk berbicara (fungsinya bkn cm buat makan doank trnyata ^^ ),
jd ktika bingung, langsung tanya2 aja sama orang2 yg ada di skitar situ (sambil sok2 akrab gitu deh. he..he..)
dan alhamdulillah, semuanya lancar.

oke langsung ke teknisnya aja ya.
pertama datang, langsung aja menuju ke tempat pemeriksaan fisik motor.
(kalau di samsat barat yg di daan mogot itu, ada kantor di sebelah kiri gedung, cari aja tulisannya pemeriksaan fisik)
nah, trus ketemu sebuah tempat yg mirip track (krn dibikin jalur2, yg antara jalur yg 1 dgn yg lain dipisah dgn rantai),
ikut ngantri deh di situ, sesuai jenis kendaraan (mobil atau motor),
nah, berhubung yg td gw urus penggantian platnya adalah motor, jd sementara ini cm bisa sharing buat yg motor aja dulu yak.

ketika motor sudah masuk jalur antrian, gw tinggal dulu,
dan minta blangko pengecekan fisiknya dulu di kantor yg ada di sebelah track2 an td,
untuk dpt blangko, petugas yg ada di dlm kantor itu meminta STNK asli.
setelah dpt blangko, dan tiba giliran untuk dicek no rangka/mesinnya oleh petugas pengecek,
biasanya orang2 pada ngasih tips buat tuh pegawai pengecek,
atau kalau gak dgn kesadaran diri buat ngasih, paling ntar diminta jg.
yah, itulah salah satu kebiasaan jelek di negri ini,
tp drpada gw jd sulit, ya udahlah, ngalah aja, gw kasih jg, goceng aja
(padahal lumyan tuh buat beli klepon 10 biji) ^^
jd kalo di antara kita mau ribut berkoar2, protes mengenai pemerintahan kita yg dinilai korup,
sebaiknya dipikir2 lg deh,
jgn2, kita dikasih aparat pemerintahan yg korup sperti itu, krn dari rakyatnya yg di bawah sendiri jg sdh terbiasa dgn budaya korup tersebut.
jd mau brp kali pemilu pun, kalau korupsi msh menjadi sebuah kebiasaan "yg dianggap wajar" di mana2
(dari aparat penguasa, sampai rakyat jelata, sudah biasa korupsi)

ya mungkin nanti dapetnya pemerintah yg gitu2 jg, krn dr rakyatnya sendiri yg sebenarnya "menghidupkan" budaya korup itu.
(halah, ngomong opo tho lhe.. lhe.)

ok, btt
setelah fisik motornya dicek, dan blangko dikembaliin oleh petugas pengecek,
tuh blangko gw masukin lg ke petugas yg ada di kantor, trus tinggal tunggu aja nama gw dipanggil.
nah, di sini (ketika sudah dipanggil buat ngambil lg lembar hasil pengecekan td) diminta bayaran,
brhubung gw td gak siap uang kecil, adanya 50ribuan, dan gw jg gak tau brp yg diminta,
ya udah duit 50rb itu aja yg dikasihin
dan ternyata dikembalikan 30rb.
sip, skrg jd ada duit pecahan deh (buat prsiapan, kali2 aja ntar di dalem bakalan ada upeti2 lg)

selesai dicek fisik, dan diserahkan bukti pemeriksaan fisiknya oleh petugas yg ada di dalam kantor,
saatnya gw baru masuk ke gedung utamanya,
untuk masukin permohonannya ada di lt.2
tp sebelumnya, ambil formulir dulu di lt.1 (tanya2 orang2 di situ kalo bingung, gw jg td keknya kbanyakan tanya koq. he..he..)
stelah formulir diisi, diserahin ke petugas di loket lt.2 (loketnya yg lokasinya paling deket lift)
berkas yg diminta untuk ditunjukkan,
formulir yg sudah diisi, lembar hasil pengecekan fisik td, asli BPKP, asli STNK, fotokopi STNK (1 aja, bolak-balik), fotokopi KTP 1 (atau boleh jg pake fotokopi SIM 1), dan asli KTP/SIM (salah 1 aja)
tips:
ada temen yg bilang, katanya krn alamat gw di KTP dan alamat di STNK itu skrg sudah beda, nanti bakalan dikenain biaya tambahan di Samsat nya,
trus dia nyaranin ke gw, kalo alamat SIM nya msh sama, udah pake SIM aja,
jdi lah, gw serahin aja SIM asli (fotokopi KTP gak usah dikasihin).
trus gw dikasih nomor urut,
dan tinggal tunggu aja nmr gw dipanggil lg sama petugas di situ.
 dan benar, gak ada biaya tambahan di sini.
dari sini, gw dikasih surat setoran pajak daerah nya (kalo gak salah namanya SSPD)
tertulis rincian biaya pajaknya yg harus di bayar di SSPD itu.
tinggal bayar deh di kasir (loketnya di sebelah itu jg).
total tagihan buat gw 272.500, tp bayarnya 275.000.
kan gw td dikasih SSPD itu ada 4 lembar, nanti nanti kasirnya akan mengambil lembar ke-3 nya.
setelah bayar, SSPD td dibawa ke loket yg paling pojok, diserahin 1 lembar dulu di situ, baru nunggu panggilan lg.
oiya, sbelumnya, pas gw di kasir,
ditawarin sama ibu2 penjaganya di situ, mau dibantu diambilin apa nggak,
ya gw tolak aja, lha wong paling tinggal nunggu bentar koq
eh ternyata benar, paling nunggu skitar 15 menit, nama gw (Edy Gunawan, Kampung Basmol) sudah dipanggil,
trus dia kasih deh STNK yg baru.
sampe sini, gak ada biaya jg.
"sip, terima kasih pak".

terakhir, gw tinggal turun deh ke bawg buat ngambil plat nomor yg baru
lokasinya persis di belakang gedung utama,
petugasnya ada di balik terali (kek tahanan aja tuh orang)
di sini jg, nunggunya cm sebentar doank,
paling gak nyampe 5 menit sdh dipanggil lg.
dan ketika ngambil platnya, dimintain oceng lg.
kasih daahh...

(huffttt...)
alhamdulillah.
pukul jam stengan 11, akhirnya selesai jg kewajiban gw menjalankan pembayaran pajak hari ini.
dan platnya tinggal di pasang nanti di rumah.


oiya tips 1 lg,
kalau mau datang ke sini, pagi2 aja, biar ngantrinya gak lama
gw td pagi nyampe sana skitar jam 9,
cek fisiknya itu sudah ngantri lumayan lama.
kalo datang lbh pagi aja, bs lbh cepet tuh, krn yg ngantri msh dikit.

ok, selamat menjadi Wajib Pajak yang Bijak. ^_~




Tambahan :



kalo ada yg males mbaca tulisan di atas, (krn mungkin tulisannya yg kepanjangan),
ini ringkasannya  
(catatan, ini khusus utk yg di samsat barat aja ya):
1. barang yg disiapkan :
    - Asli BPKB 1
    - Asli STNK 1
    - fotokopi STNK 1
    - fotokopi KTP/SIM 1 (pilih salah satu aja)
    - Asli KTP/SIM 1 (pilih salah satu aja)
    - formulir cek fisik (ambil di kantor pengecekan fisik)

    - formulir pendaftaran (ambil di gedung utama, lt.1)
    - so pasti, duit. (dan jgn lupa bawa pecahan yg 5 ribuan ya..)
    - sekalian bawa pulpen jg buat isi formulir
2. datang ke Samsat, langsung menuju tempat pemeriksaan fisik
3. motor langsung bawa masuk aja ke barisan di antrian cek fisiknya, (jd ceritanya booking tempat dulu)
4. ditinggal bentar, minta formulir pengecekan sama petugas yg ada di kantornya, siapin STNK asli (ntar diminta)

5. pas cek fisik, siapin duit goceng buat yg ngecek (tp kalo bs gak ngasih, gak usah kasih aja, biar gak malah jd mlestarikan kbiasaan buruk)
6. formulir pengecekannya dibawa lg ke petugas yg di kantor, tinggal, tunggu nama kita dipanggil (siapin duit 20rb)
7. kertas hasil pengecekan yg diserahkan ke kita, kmudian bari\u dibawa masuk ke gedung untuk dimohonkan plat barunya
8. masuk gedung, ambil formulirnya di loket lantai 1 (tanya2 aja tempatnya kalo bingung)
9. formulir yg sudah diisi, serahkan ke loket di lt. 2
(siapkan barang2 yg sudah ditulis di atas td), kmudian akan dikasih nomor tunggu, trus tinggal tunggu aja panggilannya
10. jika sudah dipanggil, akan dikasih surat untuk pembayaran pajaknya, jumlahnya 4 lembar
11. serahkan ke loket kasir (posisinya di sebelah situ jg), siapkan uang pas aja, nanti oleh petugasnya tuh surat akan diambil lembar ke-3, sdangkan 3 lembar sisanya dikembalikan ke kita

11. setelah dibayar, bawa bukti pembayaran td ke loket pengambilan STNK,
tp serahin dulu lembar ke -2 atau ke-4 nya (salah 1 aja), biar nanti dicarikan dulu kalau STNK kita sudah selesai dicetak atau blm, lalu tunggu panggilan lg
12. setelah dipanggil, kita akan diberikan STNK dan bukti pajaknya yg baru (berlaku sampai tahun depan).
13. setelah terima STNK baru, jgn langsung pulang, tp ambil dulu plat nomer barunya, lokasinya persis di belakang gedung utama, siapin aja duit goceng lg, ambil deh tuh pelat
14. selesai


ok, semoga bermanfaat. (aamiin..)

5 komentar:

  1. saya mau urus perpanjangan STNK dan pergantian Plat nomor, biar gak bingung saya googling dulu, eh..nemu blog ini, informasinya sangat bermanfaat sekali, terima kasih :)

    BalasHapus
  2. wah, senang rasanya jka tulisan ini bisa bermanfaat.
    tp saya sndiri malah agak heran lho,
    koq bisa ya blog ini ditemukan?
    (krn dah lumayan lama jg dianggurin, gak sempet posting) he..he..

    kalo boleh tau, tadi nyarinya pake keyword apa mas?
    krn baru aja saya ketik keyword "mengurus perpanjangan STNK" dan "ganti plat nomor",
    blog ini gak tau munculnya di page brp.

    oiya, salam kenal,
    dan terima kasih atas kunjungannya. :)

    BalasHapus
  3. keyword "cara mengurus plat" di page pertama di baris ke-2.

    terima kasih infonya, sangat menuntun sekali untuk orang yg kesusahan seperti saya untuk mengurus plat. :)

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali...thks bro

    BalasHapus
  5. mantab nih.buat prepare ogut ganti plat bulan 9.
    thx info nya.

    BalasHapus